Management of Pregnant Women with Leg Cramps in Maternity Hospital
View Article

Supplementary Files

Similarity Check Result

Keywords

kehamilan
kram kaki
trimester III

How to Cite

Rumanis, A. R., Cholifah, C., & Kusumawardani, P. A. (2020). Management of Pregnant Women with Leg Cramps in Maternity Hospital. Indonesian Journal of Innovation Studies, 10, 10.21070/ijins.v10i.502. https://doi.org/10.21070/ijins.v10i.502

Abstract

Kehamilan merupakan keadaan dimana terdapat hasil pertemuan dari sel telur dan sel sperma yang bertumbuh dan berkembang di dalam rahim seorang perempuan. Kram kaki pada ibu hamil ialah penegangan pada otot kaki yang terjadi secara singkat.hasil penelitian menunjukkan 43,8 % ibu hamil seringkali mengeluh kram kaki. Tujuan pada penelitian untuk mengetahui gambaran kram kaki pada kehamilan trimester III. Metode studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif. Studi kasus dilaksanakan di PMB Lastakningsih Larangan Sidoarjo yang dilakukan tanggal 10 januari 2020. Asuhan kebidanan dilakukan dengan anamnesis, pemeriksaan fisik, analisis diagnosa, penatalaksanaan serta evaluasi. Asuhan yang diberikan berlangsung baik tanpa halangan dan tidak ada penyulit. Hasil dari penelitian yang didapatkan berdasarkan dari kumpulan data dari anamnesis sampai evaluasi.

https://doi.org/10.21070/ijins.v10i.502
View Article

References

Y. Saiful and L. Fatmawati, Asuhan Keperawatan Kehamilan. 2019.

S. M. Mojokerto, “FISIOLOGI SELAMA KEHAMILAN ATTITUDE OF PREGNANT WOMEN DURING TRIMESTER 2 nd and 3 rd TOWARD PHYSIOLOGICAL CHANGES,” vol. 9, 2020.

S. Tyastuti and H. P. Wahyuningsih, Asuhan Kebidanan Kehamilan Komprehensif. 2016.

N. E. dkk Pratiwi, “ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY ‘F’ DENGAN KEHAMILAN NORMAL (KRAM KAKI) DI PMB YUNI WIDARYANTI, AMd.Keb DESA SUMBERMULYO KEC JOGOROTO KAB JOMBANG,” Asuhan Kebidanan, 2017.

A. Andani, “Ketersediaan Pangan di Pedalaman Amfoang Timur-NTT: Potret manajemen Gizi Dan Pangan Yang Belum Merata Di Negeri Ini,” Semin. Nas. Proj. Public Heal. FKM UNAIR 2016, 2016, [Online]. Available: http://repository.iik-strada.ac.id/14/1/nanopdf.com_5-kelancaran-asi-jurnal-strada-stikes-surya-mitra-husada-kediri.pdf#page=82.

S. Fatimah, A. Isroh, P. Studi, D. I. I. I. Keperawatan, and K. Sidoarjo, “HUBUNGAN KONSUMSI KALSIUM PADA IBU HAMIL TRIMESTER III THE RELATIONSHIP OF CALCIUM INTAKE IN THIRD TRIMESTER PREGNANT WOMEN WITH THE INCIDENCE OF FOOT CRAMPS,” vol. V, no. 1, pp. 6–10, 2012.

N. G. Ardiyan, “Asuhan kebidanan komprehensif pada ny. s di pustu sungai landai kabupaten agam tanggal 02 maret s/d 31 mei 2019,” 2019.

H. Saminem, kehamilan normal : seri asuhan kebidanan. jakarta: penerbit buku kedokteran EGC, 2009.

H. Ginting, “ASUHAN KEBIDANAN PADA NY. D MASA HAMIL TRIMESTER III” 2018.

R. Kholifatin, “ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU HAMIL FISIOLOGI PADA TRIMESTER III DI PMB FATMAH BARADJA PRINGAPUS,” 2019

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...