Vol. 6 (2019): April
Innovation in Industrial Engineering

Improved Service Quality for Purchasing Leather Bags Using the Canoe Method and Quality Function Deployment
Peningkatan Kualitas Layanan Terhadap Pembelian Tas Kulit Menggunakan Metode Kano dan Quality Function Deployment


Sulaiman Gani
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia *
Bio
Wiwik Sumarmi
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Bio

(*) Corresponding Author
Published April 3, 2019
Keywords
  • Kualitas Layanan,
  • UD Seroja,
  • KANO,
  • QFD,
  • Uji Validitas,
  • Reliabitas
  • ...More
    Less
How to Cite
Gani, S., & Sumarmi, W. (2019). Improved Service Quality for Purchasing Leather Bags Using the Canoe Method and Quality Function Deployment. Indonesian Journal of Innovation Studies, 6. https://doi.org/10.21070/ijins.v6i0.128

Abstract

Bagi
perusahaan yang bergerak dibidang jasa, memuaskan kebutuhan pelanggan berarti perusahaan
harus memberikan pelayanan berkualitas kepada pelanggannya. kualitas adalah segala sesuatu
yang mampu memenuhi keinginan atau kebutuhan pelanggan ( meeting the needs of customer).
Sedangkan metode kano adalah metode yang bertujuan mengkategorikan atribut-atribut produk
maupun jasa bedasarkan seberapa baik atribut tersebut mampu memuaskan kebutuhan
pelanggan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian ini bersifat analisis data
yang diperoleh melalui Observasi dan Wawancara, yang dilakukan langsung kepada beberapa
konsumen ( Pelanggan ) yang sudah membeli tas di UD Seroja. Pada tahap interpretasi data di
awali dengan pembuatan kuisoner dimana olah pembuatan kuisoner melibatkan pimpinan
cabang Di UD Seroja – Tanggulangin. Dalam tahap analisa dan pembahasan dijelaskan tentang hasil pengolahan data berupa data diantaranya Data kepuasan dan kendala yang di alami konsumen terhadap kualitas pelayanan di UD Seroja, Data hasil identifikasi konsep Kano dan Memberikan saran perbaikan kepada pihak UD. Seroja dengan menggunakan metode HOQ. Dari hasil analisis Kano, di dapat beberapa atribut yang masuk kategori keunggulan dan kelemahan. Atribut yang termasuk keunggulan dari dimensi harga yaitu 1) harga produk yang relative lebih murah, 2) Harga produk mampu bersaing, 3) Harga produk terjangkau, dan 4) Harga produk sebanding. Berdasarkan house of quality atribut yang mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian adalah:1) Harga produk relative murah. 2) Harga produk mampu bersaing. 3) Harga sebanding dengan kualitas. 4) Produk sesuai dengan kebutuhan. 5) Kualitas mampu bersaing. 6) Tempat parkir yang memadai. 7) Tempat mudah dijangkau dengan tranportasi umum

Metrics

Metrics Loading ...

References

  1. Ginting, Meriastuti; Halim, Deasy Indriyani, 2012, Usaha Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Ukrida Dengan Metode Serqual Dan Quality Function Deployment (QFD), Jurnal Teknik Dan Ilmu Komputer Vol.01 No.2, Apr-Jun 2012.
  2. Imron, Bukhari, 2014,Rancangan Produk Charger Handphone Portable Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, No. 2, Vol.2, April
  3. Sriwidodo, Untung; Indriastuti, Rully Tri, 2010, Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, Vol.10, No.2, Oktober 2010, 164-173.
  4. Suharyati, Ruth, dkk, 2013, Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Nyonya Meneer Semarang (Studi Kasus Pada Konsumen Jamu Habis Bersalin).
  5. Wijaya, Tony,2011, Manajemen Kualitas Jasa, PT. Indeks, Jakarta.