Content Analysis of Clarin Hayes' Personal Branding as a Doctor on Youtube
Innovation in Social Science
DOI: 10.21070/ijins.v21i.826

Content Analysis of Clarin Hayes' Personal Branding as a Doctor on Youtube


Analisis Isi Personal Branding Clarin Hayes Sebagai Dokter Di Youtube

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia

(*) Corresponding Author

Personal Branding Content Analysis Youtube

Abstract

This study aims to find out how Clarin Hayes forms her personal branding on YouTube. This type of research is qualitative with a descriptive content analysis approach used by the researcher, which is content analysis from the point of view of Riffe, Lacy, and Fico (1998) in the youtube video of Clarin Hayes. The results show that Clarin Hayes is trying to establish personal branding as a doctor who can answer people's uncertainties through videos made with various discussions and have characteristics and Clarin Hayes is enough to prove that the personal branding that was formed was successfully carried out by Clarin Hayes.

Pendahuluan

Era perkembangan teknologi seperti saat ini, ditandai dengan masuknya internet di lingkungan masyarakat. Internet merupakan jaringan modern sebagai dampak perkembangan teknologi satelit [1]. Pada tahun 2018, pengguna internet di Indonesia bertambah sebanyak 27,91 juta (10,12%) menjadi 171,18 juta jiwa. Penggunaan internet di Indonesia meningkat menjadi 64,8% dari total penduduk yang mencapai 264,16 juta jiwa [2]. Jumlah pengguna internet di tanah air setara 6,5% engguna internet di Asia dan indonesia menempati peringkat ke tiga dibawah Tiongkok dan India [3] Seiring berjalannya waktu, muncul platform media baru untuk memudahkan proses komunikasi dan bersosialisasi yaitu media sosial. Media sosial bertujuan untuk menghibur dan memberikan informasi kepada audiens dalam jumlah besar [4]. Dengan keberagaman media sosial yang ada menjadi sarana untuk memperluas pertemanan hingga relasi kerja. Banyaknya pengguna media sosial di indonesia ini membuat kehidupan masyarakat indonesia banyak yang bersinggungan dengan media sosial [5]. Media sosial memiliki penyebaran informasi yang cepat sehingga orang memanfaatkannya sebagai media untuk mempromosikan produk, jasa atau membranding diri dengan berbagai keunikan dan ciri khas yang ditonjolkan. Namun media sosial saat ini belum banyak secara sadar digunakan untuk personal branding [6].

Personal branding merupakan proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek yang dimiliki seseorang, diantaranya kepribadian, kemampuan atau nilai-nilai dan bagaimana stimulus tersebut menimbulkan persepsi positif dari masyarakat yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai alat pemasaran. Menurut Montoya, terdapat 8 konsep pembentukan personal branding sebagai pondasi dari personal brand yang kuat, yaitu : spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, kenampakan, kesatuan, keteguhan, dan nama baik [7]. Teknologi dimanfaatkan untuk membangun personal branding dari berbagai profesi, salah satunya dokter. Clarin Hayes adalah salah satu dokter yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membranding, platform yang digunakan adalah youtube. Youtube merupakan sebuah platfom yang menyediakan video sharing [8]. Youtube merupakan situs web video sharing, dimana pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis [9]. Clarin Hayes menggunakan youtube sebagai media personal branding untuk menjangkau pengguna dari media tersebut, dengan harapan ilmu yang dimiliki dapat diterima. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Clarin Hayes membentuk personal brandingnya di youtube.

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi deskriptif yang digunakan oleh peneliti merupakan analisis isi dari sudut pandang Riffe, Lacy, dan Fico (1998) yang berisi tentang proses yang menggunakan sistem yang dapat dicontoh berdasarkan lambang komunikasi, untuk memperoleh lambang angka harus memakai metode statistik yang tepat agar dapat mengilustrasikan isi komunikasi, menarik kesimpulan dan memberikan makna baik produksi maupun konsumsi [10]. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan analisis isi dari sudut pandang Riffe, Lacy, dan Fico untuk menunjang penelitiannya. Tahapan dalam menganalisis data pada penelitian ini sebagai berikut.

Figure 1.Tahapan Analisis Isi

Hasil dan Pembahasan

Clarin Hayes kelahiran Surabaya 7 Juni 1995 ini menempuh pendidikan kedokterannya dengan predikat cumlaude di Universitas Diponegoro Semarang pada tahun 2017 dan sumpah dokter pada 1 Agustus 2019. Selain berprofesi sebagai dokter, Clarin juga seorang konten creator youtube sejak tahun 2017. Dalam konten youtubenya membahas tentang tips, mitos dan fakta seputar kesehatan dan kecantikan. Data pada penelitian ini berupa potongan video yang diunggah di chanel youtube milik Clarin Hayes, khususnya yang relevan dengan judul penelitian tentang personal branding Clarin Hayes. Peneliti fokus pada bagaimana Clarin Hayes membentuk personal brandingnya di Youtube.

Unit Sampel

Dalam penelitian ini peneliti memilih 3 video yang ada pada chanel youtube Clarin Hayes sebagai berikut :

Unit Pencatatan

Dalam unit pencatatan peneliti menggunakan 3 unit pencatatan yaitu unit sintaksis, unit referensial dan unit tematik karena 3 unit tersebut dapat membaca lebih detail data yg dibutuh kan.

a. Unit Sintaksis

Kosa Kata Video 1 Video 2 Video 3
Kesehatan 12 5 6
Jantung 33 1 1
Diabetes 8 10 3
Penyakit 14 2 4
Kolesterol 9 3 1
Darah 16 3 6
Dokter 2 4 6
Resiko 7 1 1
Table 1.Unit Sintaksis

Setelah di analisis dengan unit sintaksis, ada beberapa kata yang sering di ucapkan oleh Clarin Hayes. Di video 1, 2 dan 3 mengucapkan kata “kesehatan” sebanyak 23 kali, kata “jantung” sebanyak 35 kali, kata “diabetes” sebanyak 21 kali, kata “penyakit” sebanyak 20 kali, kata “kolesterol” sebanyak 13 kali, kata “darah” sebanyak 25 kali, kata “dokter” sebanyak 12 kali, dan kata “resiko” sebanyak 9 kali. Pada unit sintaksis ini youtube membangun personal branding Clarin Hayes dengan Spesialisasi (Law of spesializition), digambarkan Clarin adalah seorang dokter yang membangun citranya di sosial media youtube.

b. Unit Referensial

Kosa Kata Video 1 Video 2 Video 3
Tenaga Kesehatan 3 0 0
Penyakit 28 14 20
Upaya Pencegahan 5 7 8
Berbagi Informasi 13 12 19
Pengarahan 9 7 7
Table 2.Unit Referensial

Dalam tabel tersebut menerangkan bahwa dalam video 1 terdapat pembahasan yang sering diucapkan oleh Clarin yaitu kata – kata dengan konteks “tenaga kesehatan” sebanyak 3 kali. Kemudian kata dengan konteks “penyakit” sebanyak 28 kali dalam video 1, dalam video 2 sebanyak 14 kali, dan dalam video 3 sebanyak 20 kali. Selanjutnya kata dengan konteks “upaya pencegahan” dalam video 1 sebanyak 5 kali, dalam video 2 sebanyak 7 kali, dalam video 3 sebanyak 8 kali. Lalu kata dengan konteks “berbagi informasi” dalam video 1 sebanyak 13 kali, dalam video 2 sebanyak 12 kali, dan dalam video 3 sebanyak 19 kali. Dan yang terakhir kata “pengrahan” dalam video 1 disebutkan sebanyak 9 kali, dalam video 2 sebanyak 7 kali dan dalam video 3 sebanyak 7 kali. Begitu banyak kata terkait kesehatan yang diulang oleh Clarin yang menunjukkan besarnya perhatian yang telah dan akan di curahkan pada masalah ini. Paa unit referensial ini youtube membangun personal branding clarin hayes dalam kepemimpinan, digambarkan clarin hayes sebagai sosok yang dapat menjawab rasa ingin tahu masyarakat tentang kesehatan.

c. Unit Tematik

Kategori Definisi Elemen Kunci Contoh
Menyenangkan Menyenangkan dalam KBBI adalah membangkitkan rasa senang hati. Gaya penyampaiannya ringan dengan nada yang ceria. Clarin menyampaikan informasi terkait konten video yang dibuat dengan gaya bahasa yang ringan, sehingga penonton yang menikmati video clarin tersebut mudah untuk memahami dan merasa terbantu dengan informasi yang disampaikan oleh clarin. Gambar 2. Contoh penyampaian
Gaya Informal Informal dalam KBBI adalah tidak resmi Gaya yang tidak resmi dengan menggunakan pakaian casual. Gambar 3. Gaya berpakaian.Gambar diatas menunjukkan bahwa Clarin adalah salah satu dokter yang dalam konten youtube yang menggunakan pakaian non formal seperti dokter pada umumnya.
Slogan Slogan dalam KBBI adalah rangkaian kalimat pendek yang dipakai untuk mengasosiasikan sebuah brand (merek) atau perusahaan di benak konsumen Mengucapkan kata – kata yang sama secara terus menerus dalam setiap konten video di chanel youtubenya Dalam pembukaan video, clarin memperkenalkan diri dengan nada penyampaian yang sama dan menyebutkan kalimat “Dukung biar chanel ini jadi chanel kesehatan baik mental maupun fisik dan kecantikan no. 1 di Indonesia.”
Informatif Informatif dalam KBBI bersifat memberi infomasi. Dalam konten video, Clarin tak hanya menjelaskan secara lisan saja tap clarin jua memberikan tambahan informasi dalam bentuk gambar maupun tulisan yang di letakkan dalam videonya. Gambar 4. Informatif
Kreatif Dalam KBBI arti dari kreatif adalah memiliki kemampuan untuk menciptakan. Clarin tidak hanya mampu untuk membeikan informasi dalam bidang kesehatan saja, tetapi clarin juga dapat membuat suatu konten diluar kesehatan dan dapat dterima oleh penontonnya. Membuat daily vlog tentang keseharian mahasiswa kedokteran bahkan clarin juga menyempatkan untuk menjawab pertanyaan penontonya dalam bentuk video yang dikemas dengan sesi tanya jawab. Bahkan clarin juga membagikan tips tentang mengatur keuangan.
Table 3.Unit Tematik

Figure 2.

Figure 3.

Figure 4.

Jika ditinjau dari unit tematik ini, youtube membangun personal branding Clarin hayes dengan Perbedaan menggambarkan clarin sebagai sosok yang menyenangkan, menggunakan gaya yang informal, lalu personal branding Kenampakan yang menggambarkan sosok clarin hayes memiliki slogan yang diucapkan secara terus menerus pada setiap video, menambahkan teks dan gambar sehingga menjadi video yang informatif, dan yang terakhir memiliki kreativitas dengan membuat video yang tak hanya membahas tentang dunia kesehatan. Dan yang terakhir, personal branding yang terbangun adalah kenampakan, untuk memperkuat personal branding clarin hayes mengunggah video di chanel youtubenya sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu, sehingga penonton

Simpulan

Berdasarkan hasil dari analisis isi tentang personal branding Clarin Hayes pada youtube yaitu Clarin Hayes berupaya membentuk personal branding sebagai dokter yang dapat menjawab ketidak pastian masyarakat melalui video yang dibuat dengan berbagai pembahasan dan memiliki ciri khas dan Clarin Hayes cukup membuktikan bahwa personal branding yang terbentuk berhasil dilakukan oleh Clarin Hayes.

References

  1. Haroen, D. (2014). Personal Branding Kunci Kesuksesan Berkiprah Di Dunia Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  2. Eriyanto. (2011). Analisis Isi (Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi san Ilmu - Ilmu Sosial Lainnya). Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.