Android-Based Employee Attendance Information System
Innovation in Computer Science
DOI: 10.21070/ijins.v20i.738

Android-Based Employee Attendance Information System


Sistem Informasi Presensi Karyawan Berbasis Android

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia

(*) Corresponding Author

Information System Employee Attendance Waterfall Method

Abstract

The development of information technology in this era is experiencing very rapid development. This is due to the high need for accurate, precise and fast information by humans in doing or completing a job. The influence of the development of information technology has now reached all fields, including the fields of law, agriculture, social, culture, education and business. In this research, an Android-Based Employee Attendance Information System will be built in a case study at PT. Sunjaya Coating Perdana Sidoarjo currently still uses the manual method when taking employee attendance, so using this method is still less efficient. The method used in this study is the waterfall method and software as follows: Visual code as an editor, ReactJS programming language, Javascript framework, Apache web server and MySQL database. This research will produce an android-based employee attendance information system that can make it easier for employees to efficiently attend attendance. And can make it easier for companies to manage employee attendance data.

Pendahuluan

Latar Belakang

Pemanfaatan teknologi smartphone pada era globalisasi saat ini menjadi kebutuhan utama dalam menunjang pekerjaan manusia. Salah satunya ialah untuk mencari dan memberikan informasi. Menurut APJII (asosiasi penyedia jasa internet indonesia) “pada tahun 2017 pengguna internet di indonesia mencapai 72,41% dan perangkat yang paling banyak digunakan adalah smartphone yang mencapai 70,96%”[1]. Keunggulan dari smartphone dengan sistem operasi android memungkinkan pengguna untuk memasang banyak aplikasi yang dapat menunjang dan memudahkan pekerjaan manusia.

Android merupakan salah satu sistem operasi untuk smartphone yang paling banyak digunakan di seluruh indonesia [2]. Kelebihan android dibandingkan dengan sistem operasi smartphone yang lain adalah android berbasis open source sehingga memudahkan para pengembang untuk mengembangkan atau menciptakan aplikasi yang belum ada di sistem operasi android. Aplikasi berbasis android menawarkan kemudahan dan kepraktisan mengenai informasi bagi penggunanya tanpa harus membuka browser terlebih dahulu karena dengan membuka aplikasi maka pengguna akan otomatis tehubung dengan sistem aplikasi tersebut.

Presensi kehadiran merupakan bagian penting dalam kegiatan setiap perusahaan. Presensi karyawan adalah sebuah kegiatan pengambilan data karyawan guna untuk mengetahui jumlah kehadiran dan ketidakhadiran karyawan pada suatu kegiatan perusahaan. Dengan adanya data dari presensi kehadiran karyawan, perusahaan dapat mengetahui jumlah karyawan yang masuk dan tidak masuk. Dengan data tersebut perusahaan dapat mengambil keputusan tentang karir karyawan yang disiplin hadir dan yang tidak hadir.

PT. Sunjaya Coating Perdana adalah perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan furniture rumah, seperti: meja, kursi, almari dan lain-lain. Perusahaan ini berlokasi di Jl. Mayjend Sungkono No. 45 Pagerwojo Sidoarjo. Dalam pengambilan data presensi karyawan di perusahaan ini masih menggunakan cara manual, yaitu dengan memasukkan kertas yang berisi data diri ke suatu alat presensi. Pengambilan data presensi dengan cara manual memiliki banyak kekurangan, seperti data yang tidak valid ketika data yang dimasukkan salah, hilangnya data ketika alat presensi tiba-tiba rusak dan kurang efisiensi dalam pengolahan data perusahaan.

Dari permasalahan diatas maka peneliti akan membangun suatu sistem informasi presensi berbasis android yang dapat memudahkan dan pengelolahan presensi karyawan pada PT. Sunjaya Coating Perdana. Sistem ini akan dibuat menggunakan metode waterfall dan software sebagai berikut: Visual code sebagai editor, Bahasa pemrograman React Native, framework Javascript, web server Apache dan MySQL sebagai databasenya.

Kajian Literatur Terdahulu

Penulis Judul Karya Penjelasan
Ade Deni Ardyansyah (2017) Perancangan Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Web Pada SMK Cempaka Jakarta Membuat sistem informasi pengelolaan absensi siswa berbasis web di smk cempaka Jakarta dari pengelolaan absensi secara manual menjadi terkomputerisasi [3].
Fachrival Mustari(2018) Aplikasi Absensi Guru Pada Sekolah Berbasis Android (Studi Kasus SMP Negeri 1 Bulukumba) Pembuatan sistem informasi pengelolaan absensi guru menggunakan basis android, sistem ini dapat memudahkan dalam pengambilan presensi kehadiran guru[4].
Table 1.Kajian Literatur Terdahulu

Metode Penelitian

A. Bahan Penelitian

Dalam proses penelitian ini menggunakan perangkat lunak, seperti: sistem operasi windows 8.1, Microsoft Word 2016, Xampp 1.7.3, MySQL, Visual Code, NodeJS, dan Corel Draw X7. Sedangkan untuk perangkat keras memakai laptop yang spesifikasinya memakai processor Intel Core i3, Ram 4 GB dan Harddisk 500 GB.

B. Teknik Pengumpulan Data

Untuk memperoleh data yang dapat menunjang proposal skripsi dan pembuatan aplikasi ini, maka memerlukan data dari lapangan dan pengamatan serta data teori. Adapun penulis melakukan beberapa penelitian dengan :

a. Metode Observasi

Melakukan pengamatan langsung ke lapangan (PT.Sunjaya Coating Perdana) guna untuk mengamati permasalahan yang terjadi secara langsung pada sistem presensi perusahaan.

b. Metode Wawancara

Melakukan tanya jawab secara langsung kepada karyawan atau narasumber tentang permasalahan presensi yang terjadi di PT.Sunjaya Coating Perdana.

C. Metode Waterfall

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall menurut Pressman yang bisa dilihat pada gambar 1 dibawah ini [5].

Figure 1.Metode waterfall menurut Pressman

D. Rancangan Sistem

Dalam perancangan sistem ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Tahapan tahapan yang akan dilakukan untuk merancangn sistem tersebut adalah membuat flowchart, use case, activity diagram dan sequence.

a. Flowchart

Figure 2.Flowchart Sistem

b. Use Case

Figure 3.Use Case Sistem

c. Activity Diagram

Figure 4.Activity Diagram Sistem

d. Sequence

Figure 5.Sequence Sistem

Hasil dan Pembahasan

Hasil Penelitian

Proses Impementasi dari perencanaan sistem yang dilakukan pada bab sebelumnya akan dijelaskan pada bab ini. Implementasi merupakan tahapan pembangunan rancangan sistem yang menjadi sebuah sistem informasi atau aplikasi. Implementasi yang dilakukan sebagai hasil penelitian Sistem Informasi Presensi Karyawan Berbasis Android sebagai berikut :

  1. Admin dapat mengelolah data presensi semua pegawai pada sistem.
  2. User / Pegawai dapat melakukan presensi kehadiran dengan mengirim data foto dan titik kordinat melalui aplikasi pada smartphone masing-masing.
  3. User / Pegawai dapat mengajukan ijin tidak masuk kerja melalui aplikasi pada smartphone masing-masing.
  4. User / Pegawai dapat melihat data histori absensi dan ijin melalui aplikasi pada smartphone masing-masing.
  5. User / Pegawai dapat mengetahui tugas harian kerja melauli aplikasi pada smartphone masing-masing.

Pembahasan

Halaman Awal (User / Karyawan)

Halaman awal adalah halaman yang pertama kali muncul ketika aplikasi presensi dijalankan.

Figure 6.Halaman Awal

Halaman Login (User / Karyawan)

Halaman yang digunakan oleh user / pegawai untuk masuk ke sistem aplikasi. user harus login dengan username dan password yang sudah didaftarkan.

Figure 7.Halaman Login

Halaman Utama (User / Karyawan)

Halaman utama adalah halaman yang muncul ketika user berhasil login. Halaman ini memiliki menu utama yaitu presensi pegawai, ijin pegawai dan daftar pekerjaan harian pegawai.

Figure 8.Halaman Utama

Halaman Presensi (User / Karyawan)

Halaman Presensi adalah halaman yang digunakan oleh user / pegawai untuk melakukan presensi kehadiran. Pada halaman ini berisi tiga menu, yaitu presensi datang, presensi pulang dan history presensi.

Figure 9.Halaman Presensi

Halaman Presensi (titik kordinat) (User / Karyawan)

Halaman presensi kordinat adalah halaman yang digunakan untuk menentukan lokasi kordinat user / pegawai untuk melakukan presensi.

Figure 10.Halaman Presensi (titik kordinat)

Halaman Ijin (User / Karyawan)

Halaman ijin adalah halaman yang digunakan oleh user / pegawai untuk mengajukan ijin tidak masuk kerja.

Figure 11.Halaman Ijin

Halaman History Presensi (User / Karyawan)

Halaman history presensi adalah halaman yang digunakan oleh user / pegawai untuk melihat history presensi masing-masing pegawai.

Figure 12.Halaman History Presensi

Halaman Login (Admin)

Pada Login admin merupakan tampilan awal untuk masuk sebagai Administrator yang mempunyai akses penuh terhadap aplikasi. Admin harus login dengan username dan password yang sudah didaftarkan.

Figure 13.Halaman Login Admin

Halaman Dashboard (Admin)

Halaman dashboard adalah halaman yang muncul ketika admin berhasil login. Halaman ini berisi informasi tentang presensi semua pegawai.

Figure 14.Halaman Dashboard Admin

Halaman Master Karyawan (Admin)

Halaman master user adalah halaman yang digunakan untuk mengelolah dan menambahkan data user / pegawai baru.

Figure 15.Halaman Master Karyawan

Halaman History Presensi (Admin)

Halaman histori presensi adalah halaman yang digunakan untuk mengetahui informasi tentang histori presensi user / pegawai.

Figure 16.Halaman History Presensi

Halaman History Ijin (Admin)

Halaman histori ijin adalah halaman yang digunakan untuk mengetahui informasi tentang histori ijin user / pegawai.

Figure 17.Halaman History Ijin

Simpulan

Setelah melalui beberapa tahapan dalam menyelesaikan sistem informasi presensi karyawan berbasis android (studi kasus di PT.Sunjaya Coating Perdana), terdapat beberapa kesimpulan diantaranya :

  1. Sistem presensi yang telah dibuat ini berbasis android sehingga dapat memudahkan pegawai melakukan presensi kehadiran lewat smartphone masing-masing.
  2. Pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrogaramman Open Source yang tidak di khawatirkan dengan kelegalitasnya.
  3. Sistem ini dapat mempermudah dalam pengolahan presensi kehadiran pegawai.
  4. Dapat menghemat waktu dalam proses presensi kehadiran.

References

  1. APJII. 2017. “Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017”, https://apjii.or.id/content/read/39/342/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2017, di akses pada 05 januari 2021.
  2. Statcounter. 2021. “Mobile Operating System Market Share Indonesia”, https://gs.statcounter.com/os-market- share/mobile/indonesia, di akses pada 05 januari 2021.
  3. Ade Deni Ardyansyah. (2017). Perancangan Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Web Pada SMK Cempaka Jakarta. Skripsi. AMIK BSI Jakarta.
  4. Fachrival Mustari. (2018). Aplikasi Absensi Guru Pada Sekolah Berbasis Android (Studi Kasus SMP Negeri 1 Bulukumba). Skripsi. UIN Alauddin Makasar.
  5. Pressman, Roger. S. 2015. Software Engineering. New York: McGrawHill Education
  6. Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
  7. Munawar. 2005. Pomodelan Visual dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  8. Nazarudin Safaat Harahap. 2012. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung.
  9. Solution, Winpec. 2010. Membuat Web Company Profil dengan Joomla. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
  10. Pahlevy, Randy, Tesar. 2010. Rancang Bangun Sistem pendukung Keputusan Menentukan penerima Beasiswa dengan Menggunakan metode Simpele Additive Weighting (SAW). Skripsi Program Studi Tehnik Informatika. Surabaya,Indonesia: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.