Design and Build a Cooperative Management Information System in Savings and Loan Cooperatives
Innovation in Computer Science
DOI: 10.21070/ijins.v20i.730

Design and Build a Cooperative Management Information System in Savings and Loan Cooperatives


Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolahan Koperasi Pada Koperasi Simpan Pinjam

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia

(*) Corresponding Author

Systems Information Information Systems Cooperatives Cooperative Management Waterfall Method

Abstract

Cooperative is a business entity whose members are individuals or legal entities, cooperatives based on their activities based on the cooperative principle as well as a people's economic movement based on the principle of kinship. Ar-Rohman Savings and Loans Cooperative (KSP) is a cooperative engaged in the savings and loan sector, this cooperative has been operating since 2016 which is located in the village of the temple ban Sidoarjo. In general, Ar-Rohman Savings and Loans Cooperative has several problems. Among them are managers that still use books, take more time, and have more energy in managing them, and the absence of information technology in cooperative management. The method used in this research is the waterfall method and software as follows: Sublime Text as an editor, PHP programming language, Code Igniter framework, Apache web server and MySQL database. This research will produce a web-based cooperative management information system in the ar-rohman savings and loan cooperative which can assist in managing the Ar-Rohman Savings and Loan Cooperative efficiently, computerized, and as a cooperative archive storage facility.

Pendahuluan

A. Latar Belakang

Koperasi simpan pinjam (KSP) Ar-rohman merupakan koperasi yang bergerak di bidang simpan pinjam,koperasi ini telah beroperasi sejak tahun 2016 yang berlokasi di desa larangan candi sidoarjo sesuai dengan Undang Undang No. 17 Tahun 2012 pasal 1 yang berlaku di indonesia.

Ar-rohman adalah sebuah koperasi untuk pengelolahan simpan pinjam untuk masyarakat atau anggotanya yang membutuhkan. Koperasi secara umum adalah komunitas individu atau badan usaha yang menjalankan badan usaha berasas kekeluargaan [1]. Sedangkan Secara Resmi, Definisi Koperasi adalah Badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum, koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan [2]. Koperasi sendiri memiliki SHU (Sisa Hasil Usaha) yang disebutkan dalam pasal 45 Undang-undang No.25 Tahun 1992 tentang perkoperasian, yaitu pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku setelah dikurangi dengan biaya,penyusutan, dan kewajiban lain termasuk pajak dalam tahun buku yang bersangkutan.

Koperasi Simpan Pinjam Ar-rohman secara umum terdapat beberapa masalah. Diantaranya pengelolahan yang masih menggunakan buku, memakan waktu, dan tenaga lebih dalam pengelolahan, diduga terdapat kecurangan dalam pengelolahan, belum masuknya teknologi informasi dalam pengelolahan koperasi. Solusi secara umum dari permasalahan pada Koperasi Simpan Pinjam Ar-rohman adalah tedapatnya laporan secara terbuka terhadap semua karyawan, pengelolahan arsip secara teratur, dan penulisan pembukuan Koperasi Simpan Pinjam Ar-rohman.

Dari permasalahan yang ada, maka penulis akan membuat ”RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAHAN KOPERASI PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM AR-ROHMAN” untuk membantu dalam

pengelolahan Koperasi Simpan Pinjam Ar-rohman. Sistem ini dilengkapi dengan fitur yang terbuka, dan otomatisasi dalam penghitungan anggaran pada Koperasi Simpan Pinjam Ar-rohman.

Harapan dari Analisa dan pembuatan sistem ini adalah membantu dalam pengelolahan Koperasi Simpan Pinjam Ar-rohman, mengurangi tindak kecurangan dalam pengelolahan anggaran koperasi, mempermudah pengelolahan koperasi, mempersingkat waktu dalam pengelolahan koperasi, dan sebagai sarana penyimpanan arsip koperasi.

B. Kajian Literatur Terdahulu

Penulis Judul Karya Penjelasan
Mohamad Fuad (2015) Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam (Studi Kasus Pada Koperasi Kopitama Depok) Membuat sistem informasi penanganan surat pada kantor kementrian yang masih menggunakan pengelolaan penanganansurat manual. Sehingga penanganan surat dapat dilakukan secara lebih efisien [3].
Duwi Cahya Putri Buani (2017) Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Berbasis Web Pada KoperasiSpbni Syariah Pembuatan sistem melakukan pinjaman, dan simpanan [4].
Junaedi Abdillah dan Oktavianus Benny S.(2013). Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Berbasis Web Pada Koperasi Spbni Syariah Membantu dalam meningkatkan kinerja manajerial pengelola koperasi SPBNI syariah pada unit usaha simpan pinjamsehingga dapat memajukan usaha koperasi SPBNI Syariah [5].
Table 1.Kajian Literatur Terdahulu

Metode Penelitian

A. Bahan Penelitian

Dalam proses penelitian ini menggunakan perangkat lunak, seperti: sistem operasi windows 8.1, Microsoft Word 2016, Xampp 1.7.3, MySQL, Adobe Dreamweaver CS6, Microsoft Visio 2007, Sublime Text, Bootstrap v.3.3.7, Mobirise, Lumino Web Admin, dan Corel Draw X7. Sedangkan untuk perangkat keras memakai laptop yang spesifikasinya memakai processor Intel P, Ram 2 GB dan Harddisk 500 GB.

B. Teknik Pengumpulan Data

Untuk memperoleh data yang dapat menunjang proposal skripsi dan pembuatan aplikasi ini, maka memerlukan data dari lapangan dan pengamatan serta data teori. Adapun penulis melakukan beberapa penelitian dengan :

Studi Pustaka (Literatur)

Yaitu metode pencarian data dari buku, browsing internet atau literatur-literatur lain yang berkaitan dengan teori dasar dari sistem yang sedang dibuat, dan dokumen yang berkaitan dengan data yang diperlukan untuk penelitian maupun perancangan sistem.

Metode Pengamatan Langsung

Melakukan pengamatan langsung pada koperasi yang terdapat di Koperasi Simpan Pinjam Ar-rohman.

Metode Wawancara

Mengadakan wawancara dengan pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan permasalahan yang sedang dibahas pada tugas akhir ini untuk memperoleh gambaran dan penjelasan secara mendasar.

C. Metode Waterfall

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall menurut Pressman yang bisa dilihat pada gambar 1 dibawah ini [6].

Figure 1.metode waterfall menurut Pressman

D. Rancangan Sistem

Dalam perancangan sistem ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Tahapan tahapan yang akan dilakukan untuk merancangn sistem tersebut adalah membuat flowchart, Data Flow Diagram (DFD), dan Entity Relationship Diagram (ERD).

a. Flowchart

Figure 2.Flowchart Sistem

b. Data Flow Diagram (DFD)

Figure 3.DFD Sistem

c. Entity Relationship Diagram (ERD)

Figure 4.ERD Sistem

Hasil dan Pembahasan

Hasil Penelitian

Proses Impementasi dari perencanaan sistem yang dilakukan pada bab sebelumnya akan dijelaskan pada bab ini. Implementasi merupakan tahapan pembangunan rancangan sistem yang menjadi sebuah sistem informasi atau aplikasi. Implementasi yang dilakukan sebagai hasil penelitian Sistem Informasi pengelolahan koperasi simpan pinjam berbasis web sebagai berikut :

  1. Admin mempungyai akses penuh tehadap aplikasi dan anggota user yang terdaftar.
  2. Semua user termasuk admin dapat melihat traksaksi secara terupdate.
  3. Anggota user hanya bisa mengecek kebenaran transasi melalui aplikasi.
  4. Anggota user hanya bisa mangajukan pinjaman langsung dengan persetujuan Teller.
  5. Laporan dapat dicetak dalam format Excel.

Pembahasan

a. Halaman Index

Halaman Index atau homeadalah halaman awal yang menampilkan pilihan login untuk pengguna yang ingin masuk ke aplikasi.

Figure 5.Halaman Index

b. Halaman Login (Admin)

Pada Login admin merupakan tampilan awal untuk masuk sebagai Administrator yang mempunyai akses penuh terhadap aplikasi.

Figure 6.Halaman Login Admin

c. Halaman Home (Admin)

Pada halaman Home admin berisi, menu yang dapat mengakses seluruh kebutuhan yang diperlukan seperti data Anggota, simpanan, pinjaman, pengaturan bunga dan laporan.

Figure 7.Halaman Home Admin

d. Halaman Data Anggota (Admin)

Informasi berisi data diri anggota pengguna koperasi, tanggal terdaftar koperasi, data ini bisa ditambah, edit maupun hapus.

Figure 8.Halaman Data Anggota

e. Halaman Simpanan (Admin)

Informasi yang berisi data anggota yang melakukan transaksi simpanan, dan terdapat pula keterangan tanggal melakukan transaksi tersebut. Di halaman ini admin bisa menambah dan mengambil tabungan sesuai permintaan anggota.

Figure 9.Halaman Data Simpanan

f. Halaman Pinjaman (Admin)

Bagi angota yang melakukan pinjaman terdapat beberapa pilihan untuk melakukan transaksi pinjam yaitu simpanan wajib, pokok dan suka rela.

Figure 10.Halaman Data Pinjaman

g. Halaman Laporan (Admin)

Berisi informasi laporas aplikasi yang meliputi laporan data anggota, laporan penyimpanan, laporan penarikan, laporan peminjaman laporan angsuran juga laporan shu yang tiap tahunnya.

Figure 11.Halaman Laporan

h. Halaman Login User

Pada Login User merupakan tampilan awal untuk masuk sebagai User yang sudah registrasi sebelim login.

Figure 12.Halaman Login User

i. Halaman Home User

Pada halaman Home user berisi, menu yang dapat melihat seluruh transaksi yang telah dilakukan oleh user tersebut. User hanya bisa melihat Profile, Simpanan, dan Pinjaman yang telah diproses.

Figure 13.Halaman Home User

j. Halaman Profil Anggota (User)

Pada halaman profile menampilakan data anggota yang sudah terdaftar.

Figure 14.Halaman Profil Anggota

k. Halaman Tabungan (User)

Pada halaman ini menampilkan riwayat dan julah tabungan yang sudah tersimpan dan sudah di proses oleh dikoperasi.

Figure 15.Halaman Tabungan User

l. Halaman Pinjaman (User)

Pada halaman ini menampilkan riwayat dan julah dana yang sudah dipinjam dan sudah diangsur dikoprasi.

Figure 16.Halaman Pinjaman User

Simpulan

Setelah melalui beberapa tahapan dalam menyelesaikan Sistem Pengelolahan Koperasi Simpan Pinjam Ar- Rohman), terdapat beberapa kesimpulan diantaranya :

  1. Sistem Pengelolahan Koperasi Simpan Pinjam Ar-Rohman) yang telah dibuat ini berbasis Web yang hanya dapat digunakan di Desktop Komputer supanya dapat mempermudah memberi informasi.
  2. Pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrogaramman Open Source yang tidak di khawatirkan dengan kelegalitasnya.
  3. Sistem ini dapat mempermudah dalam pengolahan Koperasi dalam penyipanan data.
  4. Dapat menghemat waktu dalam pencarian data yang telah di proses.

References

  1. Hanel, Alfred. 1989. Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Organisasi Koperasi dan Kebijaksanaan Pembangunan di Negara Berkembang. Bandung: UNPAD.
  2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.
  3. Mohamad Fuad. (2015). “Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam (Studi Kasus Pada Koperasi Kopitama Depok)”. Skripsi. Universitas Gunadarma.
  4. Duwi Cahya Putri Buani. (2017). Perancangan Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam (Studi Kasus Studi Kasus: Koperasi Smk 18 Lppm Ri Sidareja Cilacap). JITK, 3(1), 133-138.
  5. .Junaidi Abdila, Oktavianus Beny S. (2013). Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Berbasis Web Pada Koperasi Spbni Syariah. LPKIA, 2(1), 13-19.
  6. Pressman, Roger. S. 2015. Software Engineering. New York: McGrawHill Education.
  7. Budi Sutedjo, Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi, Andi Yogyakarta, 2006.
  8. M Agung Nugroho., dan Rikie Kartadi. 2017. Analisis Kinerja Penerapan Container Untuk Load Balancing Web Server pada Raspbery Pi. Jurnal. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika).
  9. Pratama, I putu agus eka, 2015, E-Commerce, E-Business dan Mobile Commerce berbasiskan open source, Informatika: Bandung.
  10. Undang – Undang Koperasi Pasal 3 No. 25 Tahun 1992.
  11. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.