Disposable Diaper Product Packaging Design (POCA)
Video Article (Product Presentation)
DOI: 10.21070/ijins.v20i.693

Disposable Diaper Product Packaging Design (POCA)


Desain Kemasan Produk Popok Cuci Pakai (POCA)

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia

(*) Corresponding Author

waste recycle package design disposable

Abstract

Desain kemasan berlaku untuk, melindungi, mengirim, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi, dan membedakan sebuah produk dipasar. Pada akhirnya desain kemasan berlaku sebagai kemasan sebagai pemasaran produk dengan mengkomunikasikan kepribadiaan atau fungsi produk konsumsi secara unik. Packaging adalah pembungkus yang digunakan untuk melindungi barang dagangan, hasil produksi, dan sebagainya. Namun, kini maknanya lebih luas lagi, karena packaging tidak hanya untuk melindungi barang/isinya, melainkan juga untuk menyampaikan kepada konsumen alasan yang paling menarik dan tak terbantahkan agar membeli sebuah produk. Sadar Popok Merupakan sebuah program yang di bangun oleh Universitas muhammdiyah Sidoarjo dari Prodi Ilmu Komunikasi dan juga  Management. Untuk mengembangkan Sadar Sampah popok sekali Pakai (POSPAK) melalui analisis perilaku dan Strategi Intregrated Marketing Communication. Bukan hanya itu Sadar Popok juga merupakan target untuk Masyarakat agar  mengurangi Limbah Popok Sekali Pakai. POCA adalah sebuah singkatan dari POPOK CUCI PAKAI merupakan sebuah Merk/ Brand dipergunakan untuk mengenal Standarisasi identitas Visual Yang dimiliki POCA

Deskripsi Produk

Desain kemasan berlaku untuk, melindungi, mengirim, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi, dan membedakan sebuah produk dipasar [1]. Pada akhirnya desain kemasan berlaku sebagai kemasan sebagai pemasaran produk dengan mengkomunikasikan kepribadiaan atau fungsi produk konsumsi secara unik [2]. Packaging adalah pembungkus yang digunakan untuk melindungi barang dagangan, hasil produksi, dan sebagainya [3]. Namun, kini maknanya lebih luas lagi, karena packaging tidak hanya untuk melindungi barang/isinya, melainkan juga untuk menyampaikan kepada konsumen alasan yang paling menarik dan tak terbantahkan agar membeli sebuah produk [4]. Sadar Popok Merupakan sebuah program yang di bangun oleh Universitas muhammdiyah Sidoarjo dari Prodi Ilmu Komunikasi dan juga Management. Guna mengembangkan Sadar Sampah popok sekali Pakai (POSPAK)melalui analisis perilaku dan Strategi Intregrated Marketing Communication. Bukan hanya itu Sadar Popok juga merupakan target untuk Masyarakat agar mengurangi Limbah Popok Sekali Pakai. POCA adalah sebuah singkatan dari POPOK CUCI PAKAI merupakan sebuah Merk/ Brand dipergunakan untuk mengenal Standarisasi identitas Visual Yang dimiliki POCA.

Isi produk

Mockup desain

Kemasan Popok Cuci Pakai ini menghadirkan desain yang unik dan multifungi, tidak hanya sekedar buat untuk kemasan saja, tapi juga bisa digunkan untuk tempat penyimpanan popok kering dan basah

Bahan yang digunakan adalah Kertas IVORY dengan ketebalan 400gr, kertas Ivory ini merupakan salah satu jenis kertas pembuat paper bag yang lebih tahan lama terhadap air dan memiliki permukaan mengkilap sehingga tidak perlu dilaminating lagi [5].

Keunggulan kertas Ivory : Terlihat Sederhana tetapi Elegan, Memiliki Ketebalan dan Kekuatan Lebih Baik, Hadir dengan Gramasi Bervariasi, Tahan Air.

Desain kemasan bisa dilihat pada gambar 1-5

Figure 1.Kerangka kemasan

Figure 2.Desain kerangka kemasan

Figure 3.Logo dan pallet warna

Figure 4.Mockup desain

Figure 5.Mockup desain lanjutan

References

  1. Cenadi, C. S. (2000). Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran. Nirmana, 2(2).
  2. Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Sosio e-kons, 10(1), 20-27.
  3. Dobrucka, R. (2013). The future of active and intelligent packaging industry. Logforum, 9(2).
  4. Christy, P. (2015). Pengaruh desain kemasan (packaging) pada impulsive buying (Doctoral dissertation, UAJY).
  5. Jakarta, F. (2020), Mengenali Keunggulan Kertas Ivory, www.jakartafotografi.com, https://www.jakartafotografi.com/2020/07/mengenali-keunggulan-kertas-ivory.html