Automation of Website-Based Information and Advertising Services for Graha Medika Clinics
Innovation in Health Science
DOI: 10.21070/ijins.v12i.524

Automation of Website-Based Information and Advertising Services for Graha Medika Clinics


Otomatisasi Pelayanan Informasi dan Iklan Klinik Graha Medika Berbasis Website

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia

(*) Corresponding Author

klinik sistem informasi konsultasi online

Abstract

The development of this website-based media makes it easy for website users, both patients and doctors, to obtain information on the facilities and services offered by the Graha Medika Clinic as well as the convenience of consultation facilities provided to patients in chatting or consulting and registering online. This website application that has been built successfully displays information such as profiles of doctors, clinic facilities, doctor's schedules and online consultations or chats for patients. Based on the results of the questionnaire, respondents stated that by building this website-based media, patients and the general public, internet users, could easily get information about services and consultations with doctors.

Pendahuluan

1. Latar Belakang

Klinik Graha Medika merupakan klinik di Sidoarjo yang bergerak di bidang penyediaan jasa pelayanan kesehatan dan fasilitas kesehatan. Perkembangan teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam bidang marketing klinik graha medika. Karena informasi yang tepat waktu dan relevan bisa membuat pelayanan dari klinik tersebut menjadi lebih efektif dan efisien.. Sistem yang sangat di butuhkan sistem informasi pasien pada klinik graha medika adalah sistem informasi yang mempunyai kegiatan informasi layanan,fasilitas,dokter yang sedang praktik, registrasi pasien, dan layanan Tanya jawab online. [1].

Dengan adanya pemakaian sistem informasi diharapkan pemrosesan marketing layanan informasi akan berlangsung cepat, dan terstruktur rapi serta menarik minat masyarakat dengan layanan dan fasilitas yang ada di klinik tersebut. Sistem marketing berbasis informasi akan memudahkan kontrol sehingga dapat membantu menginformasikan layanan apasaja yang ada di klinik graha medika,selain itu sistem berbasis informasi lebih efisien karena dokumentasi akan dilakukan secara otomatis baik pembuatan pelaporan maupun pendaftaran pasien dalam klinik tersebut. [2].

2. Kajian Literatur Terdahulu

Penulis Judul Karya Penjelasan
Eti Nur Laila Hidayati (2013)Jane Anggun Dewi Pujayanti(2014) Sistem Informasi Administrasi Rawat Jalan Puskesmas GedanganSistem Informasi Geografis Analisis persebaran pelayanan Kesehatan Kota Surabaya Membuat sistem informasi administrasi pasien rawat jalan di puskesmas gedangan [3].Membuat Sistem yang menganalisis penyebaran pelayanan kesehatan di kota Surabaya [4].
Table 1.Kajian Literatur Terdahulu

Metode Penelitian

A. Bahan Penelitian

Dalam proses penelitian ini menggunakan perangkat lunak, seperti: sistem operasi windows 8, Microsoft Word 2013, Xampp 1.7.3, MySQL, Adobe Dreamweaver CS6, Sublime Text, Bootstrap v.3.3.7, dan Corel Draw X7. Sedangkan untuk perangkat keras memakai laptop yang spesifikasinya memakai processor Core i5, Ram 8 GB dan Harddisk 500 GB.

B.Teknik Pengumpulan Data

Untuk memperoleh data yang dapat menunjang proposal skripsi dan pembuatan aplikasi ini, maka memerlukan data dari lapangan dan pengamatan serta data teori. Adapun penulis melakukan beberapa penelitian dengan :

Yaitu metode pencarian data dari buku, browsing internet atau literatur-literatur lain yang berkaitan dengan teori dasar dari sistem yang sedang dibuat, dan dokumen yang berkaitan dengan data yang diperlukan untuk penelitian maupun perancangan sistem.

Melakukan pengamatan langsung pada koperasi yang terdapat di Klinik Graha Medika Waru.

  1. Studi Pustaka (Literatur)
  2. Metode Pengamatan Langsung
  3. Metode Wawancara

Mengadakan wawancara dengan pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan permasalahan yang sedang dibahas pada tugas akhir ini untuk memperoleh gambaran dan penjelasan secara mendasar.

C. Rancangan Sistem

Dalam perancangan sistem ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Tahapan tahapan yang akan dilakukan untuk merancangn sistem tersebut adalah membuat flowchart, Data Flow Diagram (DFD), dan Entity Relationship Diagram (ERD).[5]

Flowchart

Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah- langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program. Flowchartmenolong analis dan programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian. Flowchartbiasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut[6].

Gambar 1. Flowchart Sistem

DFD (Data Flow Diagram)

DFD (Data Flow Diagram) merupakan diagram yang menggunakan notasi untuk menggambarkan arus data sistem secara logika. DFD menggambarkan komponen sebuah sistem. Keuntungan menggunkan DFD adlah memudahkan pemakai yang kurang menguasai komputer untuk mengerti sistem yang akan dikembangkan[7].

Gambar 2. DFD Sistem

Stuktur Tabel

Stuktur Tabel adalah bagian dari database yang berfungsi untuk menyimpan data-data yang sudah di rancang di database untuk mempermudah pencarian data dan alur data tersebut[8].

Gambar 3. Strukur Tabel

Hasil dan Pembahasan

A. Hasil Penelitian

Proses Impementasi dari perencanaan sistem yang dilakukan pada bab sebelumnya akan dijelaskan pada bab ini. Implementasi merupakan tahapan pembangunan rancangan sistem yang menjadi sebuah sistem informasi atau aplikasi. Implementasi yang dilakukan sebagai hasil penelitian Sistem Informasi pengelolahan koperasi simpan pinjam berbasis web sebagai berikut :

  1. Admin mempunnyai akses penuh tehadap aplikasi dan anggota user yang terdaftar.
  2. Semua user termasuk admin dapat melihat isi chat konsultasi yang masuk dari pasien.
  3. pasien user hanya bisa melakukan konsultasi online di aplikasi.

B. Pembahasan

Halaman Index

Halaman Index atau home adalah halaman awal yang menampilkan pilihan login untuk pengguna yang ingin masuk ke aplikasi.

Gambar 4. Halaman Index

Halaman Beranda

Halaman beranda berfungsi untuk menampilkan data Klinik Graha Medika dan Informasi tentang Klinik Graha Medika dan terdapat informasi tentang jadwal dokter yang tersedia di hari – hari tertantu untuk bisa konsultasi dengan dokter yang berada di halaman Home.

Gambar 5. Halaman Beranda

Halaman Fasilitas Klinik

Halaman fasilitas klinik berfungsu untuk menampilkan fasilitas apa saja yang ada dalam klinik tersebut untuk mempermudahkan pasien untuk berobat dengan fasilitas yang ada.

Gambar 6. Halaman Fasilitas Klinik

Halaman Jadwal Dokter

Jadwal Dokter berfungsi untuk menampilkan jadwal dokter dalam bentuk pilihan dimana bentuk pertanyaan atau konsultasi dengan pilihan dokter yang tersedia di hari tersebut.

Gambar 7. Halaman Jadwal Dokter

Halaman Menu Konsultasi

Menu Konsultasi berfungsi untuk menampilkan foam konsultasi dalam chating dimana pertanyaan dari pasien akan langsung bisa di jawab dengan dokter yang di pilih dalam foam konsultasi, sebelum melakukan konsultasi pasien wajib daftar terdahulu di menu daftar yang ada di menu atas website.

Gambar 8. Halaman Menu Konsultasi

Halaman Chat Konsultasi

Halaman Menu char konsultasi ini bertujuan untuk melakukan konsultasi terkait keluhan pasien dengan dokter siapa saja yang sedang aktif di hari tersebut.

Gambar 9. Halaman Chat Konsultasi

Kesimpulan

Setelah melalui beberapa tahapan dalam menyelesaikan Sistem Otomatisasi Pelayanan Informasi dan Iklan Klinik Graha Medika Berbasis Website, terdapat beberapa kesimpulan diantaranya :

  1. Pembangunan media berbasis website ini memudahkan bagi pengakses website baik itu pasien maupun dokter untuk memperoleh informasi fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan oleh Klinik Graha Medika, serta fasilitas kemudahan konsultasi yang diberikan kepada pasien dalam melakukan chatting / konsultasi dan pendaftaran secara online..
  2. Aplikasi website yang telah dibangun ini berhasil menampilkan berapa info seperti profil dokter, fasilitas klinik, jadwal dokter, dan konsultasi online/ chatting bagi pasien
  3. Berdasarkan hasil questioner, responden menyatakan dengan adanya membangun media berbasis website ini, pasien dan masyarakat umum pengguna internet dapat dengan mudah mendapatkan informasi seputar layanan dan konsultasi dengan dokter.

References

  1. Eti Nur Laila Hidayati, 1999. Sistem Informasi Adminitrasi Rawat Jalan Puskesmas. Surabaya.
  2. Jane Anggun Dewi Pujayanti, 1998 . Sistem Informasi Geografis untuk Analisis Persebaran Pelayanan Kesehatan di Kota Surabaya. Surabaya.
  3. Dharwiyanti, S., Wahono, .S.R., 2003, Pengantar Unified Modelling Language (UML), IlmuComputer.org, terakhir diakses pada 20 Desember 2012 pukul 14:47.
  4. Kadir, A., 1999, Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data, Andi, Yogyakarta.
  5. Kusrini, 2007, Strategi Perancangan dan Pengelolaan Database, Edisi I, Andi, Yogyakarta.
  6. O'Brien, J.A., 2005, Pengantar Sistem informasi (diterjemahkan oleh Fitriasari, Dewi. dan Kwary, Arnos Deny), edisi 12, Salemba Empat, Jakarta.
  7. Supriyanto, A., 2005, Pengantar Teknologi Informasi, Salemba Infotek, Jakarta.
  8. Shalahuddin, M., and Rosa, A.S., 2010, Java di Web, Informatika, Bandung.